Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Urbanisasi Meningkat Jadi Problem Serius

Negara berkembang seperti Indonesia harus lebih memperhatikan dalam hal pertumbuhan penduduk dan pembangunan, di mana kebijakan pembangunan yang mengabaikan pertanian telah menimbulkan kemandekan atau tidak memadainya pertumbuhan di daerah pedesaan. Di pihak lain kebijakan mengimpor teknologi padat modal secara besar-besaran untuk mencapai indsutrialisasi dengan segera telah menyebabkan pertumbuhan kesempatan kerja di kota tidak sesuai dengan jumlah orang yang mencari pekerjaan.

Ribuan petani di pedesaan mengalami kesengsaraan karena kehilangan tanah dan sudah diterapkannya mekanisme pengerjaan tanah sewa atau mengelola pertanian sempit akibat pertumumbuhan penduduk yang semakin padat dan penyebarannya tidak merata.

Gejala ini mengakibatkan terjadinya Urbanisasi besar-besaran yang tentunya membuat pemerintah harus menyediakan lapangan pekerjaan dan saran pelayanan umum seperti kesehatan, perumahan dan transportasi publik yang terjangkau.

Dilansir dari merdeka.com tingkat pertumbuhan penduduk perkotaan Indoensia merupakan salah satu yang tercepat. mengutip dari laporan BPS (Badan Pusat Statistik), penduduk Indonesia 114 juta jiwa tinggal di daerah perkotaan. Angka pertumbuhan penduduk di Indonesia 1,5% pertahun sementara penduduk perkotaan Indonesia 3,8% pertahun.

Melihat fenomena pertumbuhan penduduk setiap tahunnya meningkat, dapat memberikan pandangan terhadap pemerintah agar program pemerataan penduduk dapat dijalankan lagi. Memaksimalkan sektor pertanian dan kelautan akan memberikan warna terhadap industrialisasi Tanah Air.

(Reza Fathur)

Leave a Reply

%d bloggers like this: