Monday, November 20Kita mulai dari sini...

Trump Menang, Indonesia Punya Pancasila dan UUD45

Kemenangan Donald Trump dalam pemilu Presiden Amerika Serikat, hari Rabu (9/11/2016) tengah menjadi perhatian warga di berbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, banyak negara bergantung relatif terhadap situasi ekonomi politik negara markas hollywood itu.

Termasuk juga di Indonesia, kemenangan Trump tak luput dari perbincangan hangat hingga viral di media. Banyak warga Indonesia ketakutan akan kemenangan Trump. Banyak meme yang beredar terkait terpilihnya ia sebagai org nomor satu Amerika.

Pertanyaannya kemudian kenapa warga Indonesia harus begitu takut? Apa ini hanya bentuk ‘latah’ dari masyarakat kita?
Seperti apa yang dipaparkan Dwi Gema Kumara, Pengamat Filsafat Pancasila, kepada redaksi RevolusiTotal (10/11),
“Memang betul terpilihnya Trump pasti akan membawa dampak yang relatif pada kondisi ekonomi serta politik setiap negara, khususnya yang selama ini banyak bergantung pada Amerika. Namun ada hal yg lebih substansial yang masyarakat kita lupa, bahwa lebih baik kita semua takut bukan karna Trump terpilih sebagai Presiden AS. Tapi kita semua seharusnya takut karena kita sendiri saja lupa dengan sejarah bangsa ini, tidak aware dengan krisis kebangsaan bangsa Indonesia. Tidak mengerti kalau hari-hari ini kita malah perang dengan saudara sendiri. Lupa mengamalkan Pancasila dan UUD45 Asli. Jadi kalau memang masyarakat Indonesia khawatir terjadi apa-apa karena Trump menang, perkuatlah jati diri kebangsaan kita. Kalau kita masih individualis, liberal, tidak perduli dengan cita-cita sosialisme Indonesia, kalian ga beda jauh sama Trump”, pungkasnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: