Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Pendidikan Toleransi Sejak Dini

Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya menanamkan nilai-nilai toleransi antarumat beragama sejak dini kepada para pelajar di wilayah tersebut. Kabupaten Purwakarta diketahui akan menerima penghargaan sebagai daerah paling toleran di Indonesia dari Dewan HAM PBB.

Penanaman nilai toleransi itu salah satunya dengan menggelar makan bersama yang diikuti ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA lintas agama di Bale Paseban Pendopo Purwakarta. Mengenakan atribut keagamaan masing-masing, para pelajar saling berbaur dalam kegiatan makan bersama atau botram yang digelar Satgas Toleransi. Tanpa memandang suku, agama, ras, dan kelompok, para pelajar ini menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing sebelum memulai kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar di Purwakarta, memberikan kita cerminan bahwa negara kita adalah negara kesatuan yang penuh dengan toleransi. ironinya di daerah-daerah lain seperti Jakarta yang menjadi ibukota negara masih banyak isu yang beredar tentang SARA. hal seperti isu SARA harus mulai ditindak karena isu tersebut telah merugikan banyak orang.

Indonesia adalah negeri yang super majemuk, ada ratusan bahasa, puluhan suku bangsa dan 6 agama yang diakui pemerintah. Keragaman itulah yang membuat bangsa kita kaya akan budaya, adat istiadat dan nilai luhur bangsa. Dalam wadah bhinneka tunggal ika, maka seluruh melebur dalam satu rumah yakni Negara kesatuan republik Indonesia. Dan Pancasila sebaga dasar Negara memayungi semua perbedaan yang ada di nusantara.

Leave a Reply

%d bloggers like this: