Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Papua Teriak, Perhatikan Pendidikan Kami.

Pendidikan menjadi salah satu sorotan penting di Indonesia. Pemerataan pendidikan masih menjadi masalah, di kota-kota besar pendidikan dengan sangat mudah mendapatkan akses yang berkualitas. Namun berbanding terbalik dengan daerah terpencil, pendidikan menjad suatu hal yang langka bahkan prioritas masyarakat tidak kearah pendidikan.

Perihal yang terjadi di Papua. Data Wahana Visi Indonesia menunjukan, masih banyak warga papua tertinggal dalam hal baca, tulis dan berhitung. selai itu Papua juga belum mampu semua daerah menjalankan program belajar wajib belajar sembilan tahun. sedangkan pemerintah telah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun.

Manager WVI untuk daerah Papua menerangkan “angka yang tidak bersekolah di Papua cukup tinggi. Dari data Restra Disdik 2013-2018, angka partisipasi sekolah pada 2012 usia 7-12 tahun 73,36 persen, 13-15 tahun 71,29 persen, dan 16-18 tahun 50,55 persen. Artinya semakin tinggi jenjang pendidikannya, semakin rendah partisipasi anak bersekolah” Ujar Charles dikutip dari okezone.com.

Faktor-faktor yang membuat rendahnya tingkat pendidikan di Papua, tidak adanya proses pembelajaran yang teratur lantaran tingkat ketidakhadiran guru yang tinggi. Faktor lainnya adalah angka kekerasan terhadap anak tinggi sehingga membuat siswa tidak nyaman di sekolah, ketidaktersediaan media pembelajaran, serta dukungan masyarakat masih rendah.

Indonesia merupakan negara Kepulauan yang besar, sehingga distribusi alat pendukung pendidikan atau pembangunan seringkali tersendat dengan masalah transportasi dan infrastruktur daerah yang kurang memadai. Sehingga kemajuan daerah terpencil dalam segala sektor wajib dilaksanakan.

Pemerintah seharusnya tidak berkelut dengan politik saja, pendidikan pun perlu mendapat perhatian yang lebih. Daerah terpencil seperti Papua juga merupakan wilayah NKRI. Apalagi pendidikan adalah pondasi bangsa, pondasi yang kuat akan membuat jati diri bangsa yang kuat pula.

(Ari Wibisana)

Leave a Reply

%d bloggers like this: