Wednesday, December 13Kita mulai dari sini...

Panglima TNI Tegaskan, Perkuat Sektor Udara dan Laut

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmayanto memberikan dukungan terhadap pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagi negara poros maritim dunia bukan hanya di Asia Tenggara. Gatot menjelaskan jika pemerintah ingin mewujudkan cita-cita tersebut, maka seharusnya pembangunan yang harus lebih di fokuskan pada kekuatan laut dan udara.

Dilansir dari kompas.com “Tidak ada alternatif lain kecuali fokus membangun kekuatan Angkatan Laut dan Angkatan Udara secara serentak dan sesegera mungkin, agar mampu memantau dan mengawal serta nusantara dengan memiliki keunggulan udara dan laut,” ujar Gatot.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara, hampir sebagian besar wilayah Indonesia merupakan lautan kemudian mempunyai garis ekuator terpanjang kedua di dunia yang mencapai 95.181 kilometer.

Tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah memerlukan angkatan bersenjata yang bisa dengan cepat merespon setiap gejolak negatif yang ada di setiap penjuru nusantara.

Membangun kekuatan militer yang tangguh dan konsisten adalah tantangan pemerintah dan TNI agar bisa menjadi neara poros maritim di dunia. Meskipun kondisi ekonomi cenderung menurun namun konsistensi dalam pembangunan militer harus tetap dilakukan.

(Olive)

Leave a Reply

%d bloggers like this: