Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Koperasi Seharusnya Menjadi Solusi Ekonomi Indonesia di Era Global

Koperasi seperti yang sudah dijelaskan pada pasal 33 UUD 1945 Asli ayat 1 “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan”. Dengan adanya globalisasi yang dicanangan pemerintah setelah ditandatanganinya nota perdagangan bebas maka nasib koperasi-pun dihadapi dengan kecemasan gempuran produk-produk asing. Ibarat “sedia payung sebelum hujan”, maka koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia harus terus di kembangkan secara terus-menerus dalam rangka memenuhi cita-cita luhurnya.

Keberadaan berbagai macam pasar swalayan serta pusat perbelanjaan modern yang tersebar di seluruh daerah menyebabkan koperasi terpuruk dalam persaingan perdagangan bebas. eksistensi koperasi dalam perekonomian Indonesia. Bagaimana peluang dan tantangan koperasi dalam era globalisasi pun dipertanyakan dan  mendapatkan solusi yang dapat mengatasi masalah koperasi dengan globalisasi.

Globalisasi Dalam Ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah suatu kondisi dimana perekonomian nasional dan lokal terintegrasi dalam satu perekonomian tunggal yang bersifat global.

Esensi Ekonomi dalam globalisasi pada dasarnya adalah peningkatan interaksi dan integrasi di dalam perekonomian baik di dalam maupun antar negara, yang meliputi aspek-aspek perdagangan, investasi, perpindahan faktor-faktor produksi dalam bentuk migrasi tenaga kerja dan penanaman modal asing, keuangan dan perbankan internasional serta arus devisa

Interaksi ekonomi antara lain dalam arus perdagangan, produksi dan keuangan. Dengan adanya interaksi tersebut yang sering disebut dengan Pasar Bebas maka, setiap Negara yang mencanangkan globalisasi akan mengikuti arus pasar Internasional. Di Indonesia yang masyarakat pada umumnya merupakan Konsumen maka akan memudahkan pihak asing untuk memasarkan produknya di Indonesia dan membuat masyarakat menjadi konsumerisme barang import. Lalu dengan adanya hal ini bagaimana nasib koperasi yang sebelumnya menjadi salah satu roda ekonomi yang efektif untuk mengangkat taraf hidup masyarakat di Indonesia terutama di daerah. Bagaimana UKM bisa menangani gempuran produk-produk luar ? dan bagaimana pemerintah dapat mengatasi masalah koperasi ?

Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Pelaku ekonomi Indonesia ada tiga yaitu BUMN / BUMD, koperasi dan BUMS (swasta). Sebagai salah satu pelaku ekonomi di Indonesia maka diharapkan koperasi menjadi soko guru perekonomian Indonesia. Koperasi berasal dari bahasa Latin, yaitu “co” yang berarti bersama dan “operare” berarti bergerak berusaha. Jadi secara singkat dalam koperasi harus ditunjukkan kebersamaan dalam menjalankan usaha (Suratal HW, 1993).

Menurut UU Nomor 25/1992, Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orangseorang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat, yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Koperasi memiliki 5 unsur pokok diantara lain :

  1. Koperasi sebagai badan usaha
  2. Beranggotakan orang-seorang bagi koperasi primer atau badan hukum koperasi bagi koperasi sekunder
  3. Prinsip ekonomi sebagai dasar kegiatan koperasi
  4. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat
  5. Berdasarkan atas asas kekeluargaan

Koperasi memiliki karakteristik sebagai pemilik sekaligus konsumen adalah ciri utama koperasi yang membedakan dengan organisasi lain. Karakteristik itu dapat menjadi stimulant bagi munculnya rasa ikut memiliki, yang pada gilirannya akan menciptakan pertumbuhan yang dinamis. Dengan demikian seharusnya koperasi jika berjalan sesuai dengan yang ditetapkan maka mampu menopang kehidupan masyarakat serta anggota koperasi itu sendiri. Namun, dengan adanya globalisasi saat ini maka koperasi seperti terpinggirkan dalam persaingan perdagangan bebas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: