Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Kedudukan dan Kekuasaan Rakyat Indonesia Lebih Tinggi Daripada Presiden Republik Indonesia.

Oleh: Syarifuddin Simbolon Adv.

Tentang keberadaan Pemerintah beserta kekuasaannya yang didirikan dan atau diadakan oleh Rakyat pun dapat terlihat dari rumusan Pasal 3 dan Pasal 4 UUD 1945 Asli yakni :

Pasal 3

Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-undang Dasar dan garis-garis besar daripada haluan Negara.

 

Pasal 4.

Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-undang Dasar.

 

Sesuai dengan ketentuan Pasal 3 dan Pasal 4 tersebut maka Undang-undang Dasar yang mengatur Kekuasaan Pemerintahan itulah yang harus ditetapkan oleh MPR.

UUD Kekuasaan Pemerintahan itulah yang harus dituruti, diikuti dan atau dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia.

Dalam UUD Kekuasaan Pemerintahan itulah diatur tentang Kekuasaan Pemerintahan dan Presiden Republik Indonesia selaku pemegang kekuasaan pemerintah termasuk tata cara menjalankan dan atau melaksanakan kekuasaan pemerintahan itu.

UUD Kekuasaan Pemerintahan yang ditetapkan oleh MPR pada Pasal 3 itulah yang boleh diubah oleh MPR disebut dan dimaksud pada Pasal 37 UUD 1945. Setelah MPR menetapkan UUD Kekuasaan Pemerintahan atau UUD Pemerintahan Indonesia barulah MPR boleh memilih Pejabat Presiden Republik Indonesia untuk memegang kekuasaan pemerintah dan menjalankannya.
Rumusan UUD 1945 tentang Kedalualatan atau  Kekuasaan Tertinggi dan Kekuasan Presiden Republik Indonesia menentukan sifat atau kualitas kekuasaan itu. Untuk  Rakyat yakni Kekuasaan Tertinggi (Kedaulatan) rumusan Pasal 1 ayat 2 menggunakan kata DILAKUKAN sedangkan untuk Presiden Republik Indonesia yakni kekuasaan pemerintahan rumusan Pasal 4 menggunakan kata MEMEGANG. Kata DILAKUKAN mengandung sifat dinamis, aktif, bergerak, hidup, dipergunakan, sedangkan kata MEMEGANG mengandung sifat pasif, tidak bergerak, belum digunakan.

Demikian sekilas UUD 1945 menentukan kedudukan dan kekuasaan Rakyat Indonesia lebih tinggi daripada Presiden Republik Indonesia.

Menurut jenisnya UUD 1945 termasuk dalam golongan HUKUM TATA NEGARA (Staat Rechts), bukan administratief rechts juga bukan goverment law.

Rumusan UUD 1945 secara sistematis memuat Dasar Materi Hukum tentang Bangsa termasuk elemennya sebagai Subjek Hukum Alami pembawa Hak dan Kewajiban (Natuurlejikpersoon) dan Negara termasuk elemennya sebagai Subjek Hukum badan Hukum pendukung Hak dan Kewajiban (Rechts persoon), membedakan Negara (staat) dengan Pemerintah (goverment, administratief).

Menurut jenisnya UUD 1945 termasuk dalam golongan HUKUM TATA NEGARA (Staat Rechts), bukan Hukum Tata Pemerintahan (Administratief rechts).

Dalam hal pertanggungan jawab dan pengabdian maka urutannya adalah :

1.Bangsa Indonesia bertanggungjawab dan mengabdi kepada TUHAN YANG MAHA ESA.

2.Negara Indonesia bertanggungjawab dan mengabdi kepada segenap Bangsa Indonesia.

3.Rakyat Indonesia bertanggungjawab dan mengabdi kepada Negara Indonesia.

4.Pemerintah Indonesia bertanggungjawab dan mengabdi kepada seluruh Rakyat Indonesia.

 

Memperhatikan sistematika dan materi UUD 1945 maka secara akademis UUD 1945 cukup memenuhi syarat disebut sebagai UUD PALING MODERN, LENGKAP atau PALING CANGGIH DI DUNIA.

Oleh karena itu marilah segera kembali kepada UUD 1945 agar segera kita laksanakan Perintah Hukum (amanat) yang terkandung didalamnya termasuk akan tetapi tidak terbatas untuk menetapkan UUD Kekuasaan Pemerintah disebut dan dimaksud pada Pasal 3 agar ada UUD yang menjadi dasar MPR untuk memilih Presiden Republik Indonesia dan UUD bagi Presiden Republik Indonesia memegang dan menjalankan Kekuasaan Pemerintahan.

Selain UUD Kekuasaan Pemerintahan, dalam UUD 1945 juga terkandung amanat untuk menetapkan UUD Kebangsaan Indonesia yang akan menentukan antar lain Bangsa Indonesia sebagai Subjek Hukum alami (Natuurlijkpersoon) Ciptaan ALLAH TUHAN YANG MAHA KUASA selaku Pendiri dan Pemilik Negeri dan Negara Indonesia (Recht persoon).

UUD 1945 itu bagai POHON KALPATARU, kebawah berakar, keatas bercabang dan berbuah.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: