Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Jusuf Kalla: sistem reboisasi hutan dengan sistem gotong royong

Pemerintah kini telah fokus dalam upaya penghijauan kembali wilayah-wilayah potensial yang berada di Indonesia. Upaya ini terjadi untuk mengatasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi di daerah-daerah tertentu. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan upaya penghijauan paling efektif yaitu meliatkan semua elemen masyarakat.

Wakil Presiden mengungkapkan upaya reboisasi atau penghijauan sejauh ini tidak berjalan secara efektif. Menurut Jusuf Kalla, proyek ini seringkali diberikan kepada pihak swasta, namun pihak swasta melakukan tindak penghijauan tidak sesuai dengan harapan pemerintah.

Seperti dilansir dari beritasatu.com pada Kongres Kehutanan Indonesia ke VI di Hotel Grand Sahid Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan ” Melibatkan masyarakat dalam upaya penghijauan tidak menghabiskan biaya yang besar. Sebab, cukup menyediakan bibit dan memberikan upah pengerjaan sebesar Rp 500 ribu untuk satu tahun. Sudah pernah dilakukan tahun 2003 dan selama dua tahun hasilnya cukup efektif di kawasan Gunung Kidul, Jawa Tengah. Dibandingkan, dengan program penghijauan lainnya yang pernah digagas pemerintah, seperti program 1 miliar pohon tahun 2004″.

“Jadi, bibitnya kita beli dari pembibitan, diperiksa oleh mahasiswa kehutanan. Saya kumpulkan semua mahasiswa kehutanan se-Indonesia, rapatnya di Gajah Mada di Kehutanan Waragama,” paparnya.

Untuk itu, ke depannya, Jusuf Kalla menyarankan agar upaya penghijauan lebih melibatkan masyarakat dalam bentuk gerakan. Kemudian, juga dingatkan program penanaman oleh rakyat hanya berhasil dilakukan di daerah yang penduduknya banyak, seperti di Pulau Jawa.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memang tengah menggalakkan upaya penanaman pohon atau perbaikian ekosistem untuk mencegah bencana banjir ataupun tanah longsor. Bahkan, belum lama ini, Presiden Joko Widodo turut dalam penanaman serentak 238.000 bibit pohon dalam satu jam di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Konsep yang diberlakukan oleh Jusuf Kalla untuk masalah reboisasi hutan Indonesia yaitu sistem gotong royong. Di mana semua elemen masyarakat terlibat untuk kebaikan Indonesia. Seperti inilah Indonesia yang diharapkan untuk masa mendatang.

(Syamsul Yahdi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: