Monday, November 20Kita mulai dari sini...

Harga Satu Bahan Bakar Minyak Segera Direalisasikan Pemerintah

Kebijakan satu harga bahan bakar minyak akan segera direalisasikan. hal ini untuk menyamakan harga bahan bakar minyak di Jawa dan luar Jawa, khususnya Papua, Kalimantan dan wilayah Timur lainnya. Kebijakan ini akan mulai pada Januari 2017.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan “Ia mengatakan penerapan kebijakan satu harga BBM ini merupakan wujud berkeadilan yang dilakukan pemerintah. Nantinya, seluruh masyarakat di mana pun akan memperoleh BBM bersubsidi dengan harga yang sama.

“Ke depannya seluruh rakyat Indonesia mendapatkan akses yang sama dari sumber-sumber energi, termasuk BBM satu harga,” ujar Arcandra, mengutip Antara.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja ke Yahukimo, Papua, Presiden Jokowi mencanangkan program BBM Satu Harga di Papua dan Papua Barat, ia selalu mendapat informasi mengenai tingginya harga BBM di Papua.

Kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di Papua dan Papua Barat yang dicanangkan pemerintah merupakan upaya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saat meresmikan kebijakan satu harga BBM, Presiden menyinggung soal ketidakadilan bagi masyarakat Papua yang selama ini terus dibiarkan. Sebab, tak seperti di Papua, sudah puluhan tahun masyarakat yang berada di Indonesia bagian barat dan tengah sudah menikmati harga BBM yang sama.

Presiden menggaris bawahi, kenaikan BBM di daerah Jawa akan menimbulkan kerusuhan di mana-mana namun selama ini di Papua harga sudah tinggi tapi tidak adanya kerusuhan atau demo seperti di Jawa. Dengan adanya kebijakan satu harga diseluruh wilayah Tanah Air akan mewujudkan sila ke 4 dari Pancasila.

(Reza Fathur)

Leave a Reply

%d bloggers like this: