Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

FPI demo, SBY Rayakan Lebaran Kuda

499189-1000xauto-lebaran-kuda
foto meme ‘lebaran kuda’ yang beredar di media sosial

Siang ini, Jumat (4/11/1016), Habib Rizieq CS akan memenuhi pusat ibu Kota terkait isu penistaan agama. Penistaan agama ini terkait dengan pernyataan Surat Al-Maidah ayat 51 yang dilontarkan Ahok dalam sambutannya di Kepulauan Seribu.

Terkait hal itu ada ungkapan menggelitik di media sosial terkait “Lebaran Kuda”. “Lebaran Kuda” ini viral sejak Presiden RI ke-5, Susilo Bambang Yudhoyono. Jika pemerintah dan penegak hukum tidak mempedulikan permintaan massa, kata SBY, aksi demonstrasi akan terus ada. “Sampai lebaran kuda bakal ada unjuk rasa. Ini pengalaman saya,” ujarnya.

Sungguh ironi sebagai yang pernah menjadi orang nomor satu di negara ini selama sepuluh tahun, harus mengeluarkan pernyataan yang kurang elok seperti itu. Sosok SBY yang sering dinilai santun dalam bertutur kata, kali ini harus rela menurunkan citranya di mata publik semenjak anaknya, Agus Yudhoyono,  ikut dalam kancah Pilgub DKI.

Padahal dalam situasi masyarakat yang panas ini, seharusnya SBY bersikap sebagai negarawan, bukan sebagai politisi partai. Jika dilihat bahwa pasca reformasi yang sudah berumur 18 tahun, seringkali  tidak ada sinergi antara yang sedang berkuasa dengan para pendahulunya, juga sebaliknya.

Dwi Gema Kumara, Alumnus Filsafat UI, Pengamat Filsafat Pancasila, kepada redaksi Revolusi Total (Jumat (4/11), “Ini bukti bahwa bangsa ini krisis negarawan. Setiap rezim pemerintahan hanya mementingkan ego masing-masing, bukan memikirkan masa depan bangsa.  SBY mestinya lebih arif dalam menyikapi isu ini, karena sebagai orang yang pernah berkuasa tentunya apapun yang dia bicarakan akan banyak berpengaruh di ruang publik. Indonesia bisa bubar kalau terus ribut karena konflik SARA. Padahal masalah kebhinekaan sudah selesai sejak dulu, apalagi kita semua tahu bahwa bangsa ini justru dibangun dari perbedaan.  Bisa jadi SBY lupa akan cita-cita Pancasila dan UUD1945)”.

Leave a Reply

%d bloggers like this: