Saturday, November 18Kita mulai dari sini...

Duka Serambi Mekah: Menkeu Alokasikan Dana Tanggap Darurat

Kabar duka datang dari bumi Serambi Mekah Aceh, gempa dengan kekuatan 6,4 skala Richter tepatnya di daerah Pidie Jaya Aceh Rabu 7/12/16. Kementerian Keuangan sudah menyiapkan dana untuk korban bencana gempa Aceh Pidie Jaya. Dana yang disiapkan untuk biaya perbaikan infrasturkur yang telah rusak dan bantuan pangan kepada korban.

Seperti yang sudah dilaporkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 94 orang meninggal dunia, 128 orang luka berat, 489 orang luka ringan, dan ratusan bangunan rusak.

Dilansir dari tempo.co Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang pada saat itu sedang berada di Nusa Dua, Bali “Fokusnya saat ini adalah menyelamatkan manusia dalam tanggap darurat, memberikan tempat penampungan. Setelah itu, dilakukan penghitungan tingkat kerusakan,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers, Kamis, 8 Desember 2016.

Menurut Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara, melihat situasi darurat dan harus mengeluarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara guna untuk menangani pengungsi dan pasukan kedaerah bencana.

Pemerintah akan membiayai perbaikan infrastruktur umum, seperti sekolah, perkantoran, dan fasilitas umum lain. Pemerintah juga akan menanggung ganti rugi perbaikan permukiman masyarakat sesuai dengan jenis kerusakannya. “Nanti kami lihat, apakah masuk (dibiayai) pusat atau daerah,” ujar Sri Mulyani.

(Olive)

Leave a Reply

%d bloggers like this: