Thursday, June 21Kita mulai dari sini...

4 Hal Yang Belum Kalian Tau Soal Sosok Dilan

Penulis: Abu Duda (Penggiat Medsos)

 

Sebagaimana kita ketahui muda-mudi  zaman now sedang gandrung oleh kisah Dilan. Dilan sebuah tokoh dari karya novel fiksi yang ditulis oleh seniman asal Bandung, Pidi Baiq. Novel ini kemudian dijadikan film yang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea).

Tak hanya menjadi perbincangan hangat, sebab katanya sosok Dilan dan Milea pada cerita fiksi yang baru tayang di layar Bioskop baru-baru ini menjadi khayalan romansa kekinian. Banyak status romantis bertebaran setelah orang-orang menontonnya.

Namun, dibalik itu ada empat hal yang kalian tentu belum kalian ketahui soal Dilan. Berikut hal-hal yang kalian perlu kalian tau soal sosok Dilan

 

Dilan Anak Pramuka

Sebelum seperti diceritakan para novel dan film. Ternyata Dilan anak Pramuka. Dilan terbiasa kedisiplinan yang diajarkan orang tuanya dari kecil. Dilan sejak SD dilatih dalan Pramuka untuk belajar nilai-nilai Pancasila.

 

Dilan Menyukai Materi P4

Tahun 1990 adalah di mana zaman-zaman Pa Harto masih menjadi presiden RI. Salah satu program pemerintah saat itu memberlakukan Penataran P4 (Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila). Walaupun bagi Dilan kemasan doktrinasi P4 membosankan, tapi Dilan sangat suka materi ini. Dilan punya visi besar sejak SMA ingin Pancasila dilaksanakan secara konsisten dan bertanggung jawab.

 

Dilan Anti LGBT

Sebagaimana kisahnya, Dilan menyukai Milea. Milea jelas perempuan dan bukan banci. Andai saja Dilan penyuka sesama jenis, mungkin Dilan tak akan menyukai Milea dan akan coba-coba menaksir pria. Atau penulis novel akan membuat tokoh Dilan dan Dadang.

Jadi para kaum hawa wajib marah, kalau Dilan dicolek pria. Dilan yang paham betul soal Pancasila, sudah berfikir sejak tahun  1990 kalau LGBT tidak boleh sampai dibenarkan.

 

Bait Nasionalis Dilan

“Jangan Rindu. Ini Berat. Kau tak akan kua. biar aku saja”.

Itulah secuplik kata-kata yang bikin baper dari kisah pasangan normal Dilan dan Milea. Namun Dilan juga punya secuil kalimat yang dia tulis di buku materi Kewarganegaraan, yang tak pernah ia sampaikan.

“Jangan rusak Pancasila. Itu Berat. Indonesia harus kuat. Biar kita bersama”

Itulah ‘fakta fiksi’ unik soal Dilan yang belum diungkap dalam novel atau film. Namanya juga fiksi jadi jangan terlalu dibawa baper ya. Hehe.

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: